Thursday, December 1, 2016

8 Cara Pengobatan dan Tips Perawatan Diabetes Selama Kehamilan



Pernah memikirkan untuk merencanakan kehamilan tapi ingat Anda menderita diabetes? Di bawah ini, Anda akan menemukan tips merawat diabetes selama kehamilan.
Jika Anda penderita diabetes dan berencana untuk berkeluarga, mungkin Anda harus merencanakan kehamilan Anda sedetail mungkin. Mengendalikan gula darah Anda sebelum konsepsi dan sepanjang kehamilan memberikan Anda peluang terbaik untuk mendapatkan kehamilan dan persalinan yang bebas masalah, juga tentu saja bayi yang sehat.
Jika Anda menderita diabetes dan kehamilan Anda tak direncanakan, masih banyak yang dapat Anda lakukan untuk memberikan bayi Anda awal kehidupan terbaik yang dapat Anda berikan.
Informasi di artikel ini adalah khusus untuk wanita yang memang sudah terkena diabetes sebelum hamil.
Jika diabetes baru masuk saat wanita itu hamil, dinamakan diabetes gestational.

Kehamilan Terencana

Kunjungi doctor Anda setidaknya 6 bulans sebelum Anda memulai program kehamilan, jika Anda bisa.
Anda akan disarankan untuk mengendalikan kadar gula Anda tetap dalam kadar baik dan mengambil beberapa suplemen. Anda juga mungkin akan disarankan untuk mengganti program pengobatan Anda.
Jika Anda sehat dan penyakit diabetes Anda dikendalikan dengan baik saat Anda hamil, Anda memiliki peluang bagus untuk dapat merasakan kehamilan dan persalinan yang normal.
Diabetes yang tidak dikendalikan dengan baik dapat mempengaruhi kesehatan Anda dan terus saja beresiko untuk si jabang bayi.

Kehamilan Tidak Terencana

Tidak semua orang dapat merencakan kehamilannya. Jika Anda menderita diabetes dan Anda hamil, sesegera mungkin temui dokter.

Tim kesehatan Anda

Anda juga mungkin akan dirawat oleh tim kesehatan professional yang berisikan:
  • Seorang dokter kandungan yang dapat menangani kehamilan beresiko.
  • Seorang spesialis yang berpengalaman dalam perawatan diabetes semasa kehamilan, a seorang endocrinologist atau bisa juga dokter umum.
  • Pembimbing diabetes Anda, yang mungkin dapat membantu Anda menangani diabetes Anda.
  • Seorang ahli diet yang dapat memberikan saran bagi diet Anda pada semua tahapan (Sebelum pembuahan, sedang hamil juga setelah kelahiran)
  • Seorang bidan.

Diabetes selama kehamilan

Selama Anda dapat merawat diri Anda sendiri, kehamilan adalah waktu dimana Anda membutuhkan perhatian lebih lagi. Sangatlah penting bagi kesehatan Anda dan bayi Anda untuk tetap menjaga kadar gula darah Anda tetap stabil. Kadar idealnya adalah 4.0 – 5.0 mmol/L sebelum makan, dan 5.0 – 7.0 mmol/L dua jam setelah makan.
Ketika Anda hamil, ada peluang Anda menderita beberapa komplikasi diabetes, seperti penyakit mata dan penyakit ginjal. Anda membutuhkan seorang dokter untuk tetap mengawasinya. Juga ada peluang Anda mendapatkan pre-eclampsia, dimana tekanan darah Anda naik, yang dapat menyebabkan masalah bagi jabang bayi.
Bayi yang terlahir dari wanita penderita diabetes menghadapi resiko seperti terlahir terlalu besar, terlahir premature bahkan gagal lahir.
Resiko-resiko itu dapat berkurang jika Anda menjaga kadar gula Anda tetap terkendali.

Pengobatan diabetes selama kehamilan

Kebutuhan gula dan insulin di tubuh Anda berubah selama kehamilan. Ini berarti pengobatan Anda juga akan berubah. Dan mungkin perubahan ini tidak terjadi hany sekali. Dokter Anda akan menyarankan seberapa sering Anda melakukan tes terhadap kadar gula darah Anda dan pengobatan apa yang digunakan.
Beberapa wanita yang menderita diabetes tipe 1 akan disarankan untuk mengganti cara mereka mendapatkan insulin, dan mungkin akan disarankan untuk menggunakan pompa insulin.
Sementara wanita yang menderita diabetes tips 2 dapat mengendalikan gula darah mereka hanya dengan diet, tanpa pengobatan untuk awal kehamilan mereka. Tapi kebanyakan akan memerlukan pengobatan pada beberapa tahap.
Jika Anda ingin mendapatkan pengobatan – resep, alternatif, atau tanpa resep – periksalah lebih dulu dengan dokter Anda.
Jika Anda menyadari kebutuhan pengobatan Anda tiba-tiba berubah, atau gula darah Anda berubah secara mendadak. Segera panggil dokter Anda, untuk meminta saran.

Apa yang dapat Anda lakukan.

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan:
1.       Mulai mengkonsumsi folate saat Anda berencana untuk hamil.
  1. Segere pergi ke dokter Anda, dan sering-sering melakukan konsultasi
  2. Terus menerus melakukan pemantauan terhadap kadar gula darah Anda
  3. Terima saran apa yang harus dimakan, dan ikuti.
  4. Hindari alkohol, rokok, dan obat-obatan terlarang.
  5. Tinjau secara rutin semua pengobatan Anda.
  6. Pastikan Anda mendapatkan vaksinasi terakhir.
  7. Jaga terus berat badan Anda.
Demikian tips untuk wanita yang menderita diabetes selama kehamilan.

8 Cara Pengobatan dan Tips Perawatan Diabetes Selama Kehamilan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: kincai svooltackers

0 comments:

Post a Comment