0


leapidilondra.blogspot.co.id - Bagaimana Anda dapat mengetahui apakah Anda menderita diabetes? Kebanyakan gejala diabetes di awal adalah dari kadar gula darah yang lebih dari batas normal.

Tanda peringatan ini sangatlah tidak terasa sehingga Anda tidak akan menyadarinya. Ini yang terjadi pada kebanyakan penderita diabetes tipe 2. Beberapa orang tidak menyadarinya sampai mereka mendapatkan masalah dari kerusakan jangka panjang yang disebabkan oleh penyakit ini.

Sementara diabetes tipe 1, gejala diabetes tipe 1 biasanya terjadi dengan cepat, dalam beberapa hari atau beberapa minggu. Dan tentu saja jauh lebih gawat dari gejala yang ditemukan di diabetes tipe 2.

Kedua tipe diabetes ini memiliki pertanda yang serupa, yakni :

1.      Lapar dan lelah

Tubuh Anda mengubah makanan yang Anda makan menjadi gula yang sel-sel tubuh Anda butuhkan untuk menjadi energy. Akan tetapi, sel-sel tubuh Anda memerlukan insulin untuk membawa masuk gula.

Jika tubuh Anda tidak memproduksi cukup atau tidak sama sekali insulin, atau sel-sel tubuh Anda menolak insulin yang diproduksi tubuh Anda, gula yang dihasilkand dari makanan tidak dapat masuk ke dalam, dan andapun tidak memiliki energy. Ini dapat membuat Anda lebih cepat lapar dan lelah dibanding biasa.

2.      Buang air kecil lebih banyak dan lebih haus.

Rata-rata manusia biasanya buang air kecil antara 4 sampai 7 kali sehari, tapi orang yang terkena diabetes bisa memerlukannya lebih dari biasanya.

Mengapa? Biasanya tubuh Anda menghisap kembali gula saat mereka melewati ginjal Anda. Tapi saat penderita diabetes mendorong gula darah Anda, tubuh Anda mungkin tidak akan dapat menyerapnya sama sekali. Itu akan menyebabkan mereka perlu membuangnya dengan cara membuat lebih banyak urin, dan tentu saja itu membutuhkan cairan.

Anda mungkin akan buang air kecil lebih sering, dan karena itu pula Anda dapat merasa sangat haus. Dan saat Anda minum lebih banyak, tentu Anda juga akan buang air kecil lebih banyak lagi.

3.      Mulut kering dan kulit gatal.

Karena tubuh Anda menggunakan banyak cairan menjadi urin, tentu itu memakan cairan dan membuat cairan untuk hal lainnya berkurang. Kamu mungkin akan merasakan dehidrasi, dan mulut Anda terasa kering. Sementara itu, kulit kering juga dapat membuat Anda gatal-gatal.

4.      Penglihatan tidak jelas

Kadar cairan di tubuh Anda berubah dapat membuat lensa mata Anda membengkak. Mereka berubah bentuk dan kehilangan kemampuan mereka untuk fokus.

Gejala diabetes lanjutan untuk tipe 2

1.      Infeksi Jamur

Penderita diabetes, baik pria ataupun wanita dapat mendapatkan gejala diabetes ini. Makanan jamur adalah glukosa, jika Anda memiliki banyak glukosa di tubuh Anda, maka jamur-jamur itu akan berkemang. Infeksi dapat berkembang pada semua kulit yang hangat dan kering, termasuk:
  • Di antara jari tangan dan jari kaki
  • Di bawah payudara
  • Di dalam atau di luar bagian kelamin.

L         2. Luka yang lama sembuh

Makin lama, kadar gula darah tinggi dapat mempengaruhi aliran darah Anda dan menyebabkan kerusakan syaraf yang membuat sulit bagi tubuh Anda untuk menyembuhkan luka-luka.

3.      Sakit atau mati rasa pada kaki atau paha Anda

Ini juga hasil dari kerusakan syaraf.

Gejala diabetes lanjutan untuk tipe 1

1.      Penurunan berat badan yang tidak direncanakan

Jika tubuh Anda tidak dapat mendapatkan energi dari makanan Anda, itu akan mulai membakar otot atau lemak menjadi energi. Anda akan mengalami penurunan berat badan meski pola makan Anda tidak berubah.

2.      Mual dan Muntah

Saat tubuh Anda mulai membakar lemak, maka itu akan memproduksi ‘keton.’ Keton dapat menaikan darah Anda ke kadar yang berbahaya, dan mungkin akan mengancam nyawa Anda saat memasuki kondisi yang disebut diabetic ketoacidosis. Ketones dapat membuat perut Anda merasa sakit.

Kapan Anda harus ke dokter?

Jika Anda berumur lebih dari 45 tahun atau memiliki resiko terkena diabetes lainnya, sangatlah penting untuk melakukan tes. Saat Anda menyadari kondisi ini lebih awal, Anda dapat menghindari kerusakan syaraf, masalah jantung, dan komplikasi lainnya.

Sebagai aturan umum, menghubungi dokter Anda saat Anda:
  • Merasa sakit perut, lemah, dan sangat haus.
  • Sering buang air kecil
  • Menderita sakit kepala yang parah
  • Bernafas lebih dalam dan lebih cepat dari biasanya
  • Menderita nafas yang manis dan beraroma seperti penghilang cat kuku (Ini adalah tanda dari keton yang sangat tinggi.
Meski memang seperti tak terasa, tapi jika Anda mengalami gejala diabetes yang disebut di artikel ini, ada baiknya Anda menghubungi dokter untuk konsultasi. Kami sarankan Anda juga membaca artikel menarik lain nya tentang Cara Jitu Mencegah Diabetes
Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

Post a Comment

 
Top